Waktu Terbaik Berolahraga saat Puasa, Lakukan saat Malam Hari

  • Share


Pada dasarnya, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan waktu terbaik untuk berolahraga. Hal ini dikarenakan setiap tubuh manusia memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa berolahraga di malam hari akan memberi Anda lebih banyak waktu.

Selain itu, tubuh akan memiliki energi yang cukup di malam hari. Selain itu, melakukan aktivitas fisik di malam hari terbukti memiliki efek yang hampir sama dengan olahraga di pagi hari.

Nah, jika Anda termasuk orang yang memilih berolahraga di malam hari saat berpuasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ayo lihat!

1. Jeda

Hindari olahraga berat segera setelah sarapan. Beri tubuh Anda waktu untuk mencerna makanan setidaknya selama dua hingga tiga jam. Baru setelah itu, mulailah latihan dengan pemanasan terlebih dahulu, lalu akhiri dengan pendinginan. Memberikan waktu tubuh Anda untuk bekerja sebelum berolahraga juga dapat membantu Anda mengisi ulang sepenuhnya dan menghindari gangguan pencernaan.

2. Jangan terlalu malam

Meski Anda melakukan latihan di malam hari, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan waktu tidur. Karena justru bisa mengganggu kualitas tidur di malam hari. Alih-alih sehat, kurang tidur justru bisa memicu banyak masalah lain. Sebaliknya, hindari aktivitas fisik yang sangat berat dua jam sebelum tidur.

3. Opsi Olahraga

Sesuaikan pilihan olahraga dengan kebutuhan dan kondisi tubuh. Beberapa jenis olahraga malam yang direkomendasikan adalah jalan santai, bersepeda, atau lari di perangkat berjalan. Pastikan untuk menghindari berolahraga terlalu keras.

Baca Juga :  Hindari Hal Ini Jika Tidak Ingin Asam Lambung Naik

Melakukan olahraga dengan intensitas tinggi dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko cedera. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui batasan tubuh dalam berolahraga.

4. Jangan lupa minum air putih

Setelah berolahraga, jangan lupa minum cukup cairan air biasa. Hal ini penting untuk memastikan bahwa tubuh terhidrasi dengan baik. Minum cukup air dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga. Orang dewasa disarankan untuk minum setidaknya dua liter air setiap hari, atau setara dengan delapan gelas.

referensi:
saluran kesehatan. Diakses pada tahun 2022. Cara aman berolahraga saat puasa intermiten
hidup sederhana. Diakses pada 2022. Tips dan trik berolahraga saat puasa intermiten
Berita medis hari ini. Diakses pada 2022. Bisakah Anda berolahraga sambil menjalankan puasa intermiten?

Sumber: Halodoc.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.