Nafas Pendek Pasca COVID-19? Ini Cara Mengatasinya!

  • Share


Virus Corona menginfeksi tubuh kita dan menyerang paru-paru dan sistem pernapasan. Virus ini dapat menimbulkan gejala yang berbeda dengan tingkat keparahan yang berbeda tergantung kondisi tubuh setiap orang. Terkadang, virus ini bisa menyebabkan kerusakan serius pada sistem pernapasan, salah satunya sesak napas. Virus ini sering menyebabkan pneumonia, sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS), dan cedera paru-paru parah.

Jika rusak, paru-paru dan sistem pernapasan dapat memperbaiki dirinya sendiri tetapi perbaikan ini mungkin memerlukan perawatan dan pelatihan selama beberapa bulan setelah infeksi sembuh.

Dalam beberapa kasus, pasien tetap melaporkan gejalanya meski sudah dinyatakan sembuh. Gejala yang sering menetap adalah gejala pernapasan seperti batuk, sesak napas, kesulitan bernapas, dan kesulitan bernapas.

Untuk membantu hal ini, ada banyak teknik latihan pernapasan yang dapat Anda terapkan untuk membantu mengatasi konsekuensi yang Anda rasakan bahkan setelah Anda pulih, terutama sesak napas.

Latihan pernapasan untuk mengatasi sesak napas

Latihan pernapasan yang dilakukan bermanfaat untuk membantu mengembalikan fungsi diafragma (otot pernapasan), meningkatkan kapasitas paru-paru, dan melatih kemampuan mengembangkan paru-paru agar lebih sempurna. Selain itu, latihan pernapasan juga dapat membantu mengurangi laju pembentukan jaringan parut (jaringan fibrosa) di paru-paru setelah infeksi COVID-19.

Latihan pernapasan dalam juga dapat mengurangi perasaan cemas dan stres yang umum terjadi pada seseorang dengan gejala yang parah. Kualitas tidur Anda juga dapat ditingkatkan jika Anda melakukan latihan pernapasan.

Latihan pernapasan berperan penting dalam proses pemulihan pasca COVID-19. Latihan ini dapat dilakukan di rumah, di sela-sela rutinitas harian Anda. Jika ragu, Anda bisa bertanya pada ahlinya. Konsultasikan kasus Anda dengan dokter Homecare24 di sini.

Baca Juga :  Air Minum Beroksigen, Apakah Bermanfaat Bagi Tubuh

Teknik pernapasan diafragma (pernapasan diafragma)

Diafragma adalah otot di bawah paru-paru. Diafragma sering disebut sebagai otot pernapasan. Otot ini berbentuk kubah dan akan bergerak naik turun saat kita bernafas.

Sesak napas bisa diatasi dengan teknik ini. Pernapasan diafragma adalah teknik pernapasan dalam yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi paru-paru dengan bantuan otot-otot diafragma. Bernapas melalui hidung dapat memperkuat diafragma.

Setelah infeksi COVID-19 teratasi, paru-paru dapat dipulihkan dengan teknik pernapasan secara bertahap. Latihan ini dibagi menjadi beberapa tahapan yang berbeda dari posisi kita. Beberapa tahapan latihan pernapasan dalam adalah:

  1. berbaring
  2. cenderung
  3. duduk
  4. berdiri

Mulailah dengan tahap 1 dan tingkatkan pengulangan atau pindah ke tahap berikutnya di mana Anda dapat menyelesaikan tahap pertama latihan tanpa merasa sesak napas atau sesak napas. Langkah-langkah untuk nafas dalam akan sama, hanya pada posisi yang berbeda pada setiap tahap.

langkah nafas dalam

Latihan pernapasan dalam:

  1. Sesuaikan postur Anda sesuai dengan tahap pelatihan Anda
  2. Letakkan tangan Anda di perut atau di samping perut Anda
  3. Tutup bibir Anda dan letakkan lidah Anda di langit-langit mulut Anda
  4. Tarik napas melalui hidung dan tarik udara ke perut Anda di mana tangan Anda berada
  5. Cobalah untuk menjaga jarak jari Anda saat menghirup
  6. Buang napas melalui hidung perlahan
  7. Ulangi napas dalam-dalam ini selama 1 menit

Teknik pernapasan “ternganga saat tersenyum”

Latihan ini menggabungkan gerakan tangan dengan teknik pernapasan dalam untuk membantu meningkatkan koordinasi dan memperkuat kekuatan lengan dan bahu. Gerakan ini juga akan membuka otot-otot di rongga dada, memberikan ruang diafragma untuk mengembang.

Langkah:

  1. Duduk tegak di tepi tempat tidur atau kursi Anda
  2. Rentangkan tangan ke samping kepala dan buatlah menguap lebar (membuka mulut).
  3. Turunkan tangan Anda dan selesaikan dengan senyuman selama 3 detik
  4. Ulangi gerakan selama 1 menit
Baca Juga :  Ini Nih Efek Mengerikan Mengkonsumsi Kokain

teknik mendengung

Tinnitus selama pernafasan membantu meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh. Nitric oxide merupakan senyawa yang membantu membangun dan memperbaiki sistem saraf serta memperlebar pembuluh darah, sehingga lebih banyak oksigen yang mengalir ke dalam tubuh.

Langkah:

  1. Duduk tegak di tepi tempat tidur atau kursi Anda
  2. Letakkan tangan Anda di kedua sisi perut Anda
  3. Tutup bibir Anda, letakkan lidah Anda di langit-langit mulut Anda, dan tarik napas melalui hidung
  4. Setelah paru-paru Anda terasa penuh, dan bibir Anda tertutup, hembuskan napas melalui hidung sambil bersenandung (BikaSolusi.co.id “hmmmmmm”).
  5. Ulangi selama 1 menit.

Berhentilah berlatih jika…

Hentikan latihan pernapasan jika Anda mengalami gejala berikut:

  • merasa pusing
  • Kesulitan bernapas yang parah
  • Sumber
  • kelelahan berlebihan
  • Aritmia

Jika gejala pernapasan Anda (dispnea) berlanjut dan tidak membaik, temui dokter. Anda dapat memanfaatkan layanan konseling jarak jauh jika Anda tidak ingin bepergian ke luar rumah. Melalui teleconsultation, Anda dapat berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional untuk mendapatkan saran dan masukan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan Anda.

Referensi:

  1. Lien P. Pemulihan Coronavirus: latihan pernapasan. Situs Web Kedokteran Johns Hopkins. 2021 [online]
  2. Widjanantie SC. Latihan pernapasan selama dan setelah COVID-19. Situs web Rumah Sakit Persahabatan. 2021 [online]
  3. Rumah Sakit Umum Daerah (RSBM) Bali Mandara. Latihan pernapasan untuk pasien covid-19. Website RSBM BaliProv. 2021 [online]
  4. Sumber gambar: Freepik

Oleh: dr. Felicia Pospitasari

Editor: Karen Naomi

Baca Juga :  Takut Kucing Berlebihan Apakah Ailurophobia? Ini Penjelasannya dari SehatQ!
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.