Lansia Berolahraga? Bisa Saja! Ini Rekomendasinya

  • Share


Komponen utama menjaga kesehatan tubuh adalah kombinasi makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, dan aktivitas fisik yang teratur. Dengan melakukan komponen-komponen tersebut, kita dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, terutama bagi para lansia.

Aktivitas fisik secara teratur penting bagi orang-orang dari segala usia. Namun yang perlu diperhatikan adalah jenis kegiatan yang dilakukan. Aktivitas fisik yang Anda lakukan saat berusia sekitar 20-30 tahun tentu berbeda dengan aktivitas yang seharusnya Anda lakukan saat berusia di atas 60 tahun.

Perbedaan aktivitas yang dapat dilakukan oleh orang muda dan orang tua dipengaruhi oleh penurunan struktur dan kapasitas tubuh. Bagi lansia, penting untuk menentukan jenis aktivitas fisik yang sehat, menyenangkan, dan aman untuk dilakukan.

Secara umum, aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kondisi kesehatan secara umum dan mengurangi risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan stroke. Jika Anda berusia lanjut dan ingin melakukan aktivitas fisik secara teratur, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan jenis dan durasi aktivitas fisik yang harus Anda lakukan. Pastikan aktivitas yang Anda lakukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh Anda.

Rekomendasi aktivitas fisik untuk lansia

National Health Service (NHS) merekomendasikan beberapa hal, antara lain:

  • Orang yang lebih tua harus tetap aktif secara fisik, bahkan jika mereka hanya melakukan aktivitas ringan.
  • Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang per minggu atau 75 menit aktivitas fisik berat per minggu.
  • Lakukan latihan fisik untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan fleksibilitas setidaknya dua hari seminggu.
  • Minimalkan duduk atau berbaring terlalu lama.
Baca Juga :  Ciri-ciri Pasien COVID-19 Sembuh Omicron Usai Isolasi Mandiri 10 Hari

aktivitas fisik ringan

Aktivitas fisik ringan berarti melakukan aktivitas di luar duduk atau hanya berbaring. Aktivitas fisik ringan biasanya tidak meningkatkan detak jantung atau laju pernapasan. Beberapa contoh aktivitas fisik ringan adalah:

  • Jalan-jalan keliling rumah
  • Jalan-jalan santai di sore atau pagi hari
  • Mengerjakan pekerjaan rumah setiap hari

aktivitas fisik sedang

Aktivitas fisik sedang dapat meningkatkan detak jantung dan meningkatkan frekuensi pernapasan. Anda akan menemukan bahwa Anda melakukan aktivitas fisik sedang ketika Anda masih dapat berbicara, tetapi tidak bernyanyi selama aktivitas tersebut. Contoh aktivitas fisik sedang:

  • jalan cepat atau joging
  • Latihan aerobik
  • Naik sepeda santai
  • tur jalan kaki

aktivitas fisik yang berat

Aktivitas fisik yang berat menyebabkan pernapasan yang berat dan cepat. Jika Anda melakukan aktivitas fisik yang berat, Anda tidak akan dapat mengucapkan lebih dari beberapa kata tanpa berhenti sejenak untuk mengatur napas.

Secara umum, manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh 75 menit aktivitas berat sama dengan 150 menit aktivitas sedang. Sebagian besar aktivitas fisik sedang dapat menjadi berat jika intensitas latihan meningkat. Beberapa contoh aktivitas fisik yang berat:

  • Dia berlari
  • Aerobik
  • renang
  • Bersepeda ke atas bukit
  • tur jalan kaki menanjak

Tujuan latihan fisik pada lansia

Latihan fisik yang dilakukan oleh lansia memiliki beberapa tujuan, antara lain:

  • meningkatkan keseimbangan

Seiring bertambahnya usia, risiko jatuh juga meningkat. Jatuh pada lansia merupakan penyebab utama cedera dan kematian. Melakukan aktivitas fisik seperti tai chi dan yoga dapat membantu orang dewasa yang lebih tua melatih keseimbangan mereka.

  • Meningkatkan daya tahan fisik

Senam aerobik merupakan salah satu aktivitas fisik yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berolahraga akan meningkatkan detak jantung dan pernapasan Anda. Anda dapat melakukan 150 menit latihan aerobik dalam satu minggu.

  • Meningkatkan kelenturan tubuh
Baca Juga :  Trik Mendapat Riasan Sempurna – Cucum Suminar

Melakukan aktivitas sederhana seperti peregangan sekali sehari dapat membantu meningkatkan kelenturan tubuh Anda.

Aktivitas yang dapat membantu meningkatkan kekuatan adalah latihan beban atau olahraga Pita resistensi. Latihan ini harus dilakukan dua hingga tiga kali seminggu.

Aktivitas fisik sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan lansia. Namun, lansia juga harus memilih jenis aktivitas fisik yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuhnya. Lansia dapat memilih berbagai aktivitas fisik untuk dilakukan di rumah atau di area sekitar rumah. Jangan lupa untuk menemani lansia saat melakukan latihan fisik agar lansia terhindar dari cedera.

Selain itu, pastikan tempat aktivitas fisik aman bagi lansia. Jika perlu, Anda bisa mendapatkan bantuan dari perawat profesional untuk membantu lansia di rumah, salah satunya dengan menggunakan layanan panti jompo untuk perawat lansia.

Referensi:

  1. Layanan Kesehatan Nasional (NHS). Pedoman aktivitas fisik untuk manula. situs web NHS. 2021 [online]
  2. Robinson km. Apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari untuk kebugaran senior. Situs WebMD. 2020 [online]
  3. WebMD. Latihan terbaik untuk lansia. Situs WebMD. 2020 [online]
  4. Sumber gambar: Freepik

Oleh: dr. Felicia Pospitasari

Editor: Karen Naomi

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.