Jakarta Auto Week Catatkan Nilai Transaksi Rp2,3 Triliun 

  • Share


Jakarta Automobile Event (JAW) 2022 yang berlangsung dari 12-20 Maret 2022 mencetak nilai deal yang cukup baik. Dalam aplikasi pertamanya, JAW mampu mendatangkan 53.164 calon pembeli dan mencatatkan deal 5.919 unit kendaraan senilai Rp 2,3 triliun selama pameran berlangsung.

Hasil tersebut merupakan jumlah transaksi yang diperoleh dari peserta JAW 2022 yang meliputi Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota dan Wuling.

Pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ini fokus pada kegiatan promosi penjualan. Presiden Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyatakan, pihaknya sangat puas dengan hasil kesepakatan tersebut.

“Menyelesaikan kesepakatan di JAW yang baru pertama kali diadakan, luar biasa. Kami sangat bangga, sesuai dengan tujuannya, JAW dapat berkontribusi dalam pencapaian penjualan bagi industri otomotif tahun ini,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (29/30).

Menurut Nangoi, 5.919 unit terjual dalam waktu 9 hari dari JAW 2022 yang merupakan pencapaian yang sangat baik. Menurut catatan Gaikindo, total penjualan mobil penumpang dalam kondisi normal selama sebulan sekitar 13.500 unit atau 450 unit per hari. Sementara itu, hasil transaksi JAW telah melampaui hasil penjualan mobil selama 9 hari dalam kondisi normal di Jakarta.

Gaikindo juga melaporkan data transaksi ke Kementerian Perindustrian yang kemudian memberikan respon yang sangat positif. Kemenperin juga berharap JAW menjadi agenda tahunan untuk mendorong pencapaian penjualan tahunan bagi industri otomotif Indonesia.

“Hasil yang diraih JAW memberikan semangat dan menambah kepercayaan diri Gaikindo untuk menjadikan JAW sebagai agenda motor show tahunan,” ujar Nangoi.

Baca juga: MMKSI Gelar Program Promosi Penjualan Bulan Maret

Kehadiran calon pengunjung diakui oleh para peserta sebagai katalisator transaksi selama JAW 2022. Presiden ke-3 GAIKINDO dan Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO Ridwan Al-Amsajah juga mengungkapkan rasa bangganya pada pameran yang difokuskan untuk menciptakan potensi penjualan ini.

Baca Juga :  BikaSolusi.co.id 'Ridwan Kamil for Presiden RI 2024' Mulai Bergema dari Daerah Ini

“Organisasi JAW pertama ini mampu mencetak hasil yang sangat memuaskan baik bagi Gaikindo maupun peserta, karena pengunjung yang hadir sudah tepat sasaran sehingga mendorong terwujudnya transaksi peserta,” kata Rizwan.

Menurutnya, area jual beli di stan peserta tidak kosong sama sekali.

“Peserta juga mengatakan bahwa mereka mencapai bahkan melebihi target mereka di JAW 2022. Hal ini meyakinkan Gaikindo untuk kembali ke aplikasi JAW tahun depan,” kata Rizwan.

JAW akan menjadi rencana berkelanjutan Gaikindo untuk mempertahankan gairah pasar otomotif di Indonesia. Tahun depan, JAW berjanji akan lebih semarak.

“Pada JAW mendatang, Gaikindo akan mendorong peserta untuk menghadirkan mobil-mobil baru terbaik, dan tentunya dengan lebih spesial dari tahun ini,” pungkas Radwan. (OL-7)




  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.