Costs of Quality (COQ) – Biaya-Biaya Kualitas

“The cost of quality” atau sering disebut dengan biaya-biaya kualitas/mutu, adalah istilah yang sering digunakan – tapi sering juga banyak disalahpahami.

Biaya-biaya kualitas, bukanlah biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan kualitas produk atau layanan. Biaya-biaya ini bukan bertujuan untuk menciptakan produk atau jasa yang berkualitas – sama sekali bukan.

Setiap saat kita melakukan pekerjaan yang harus diulang (bisa berupa : rework, rebuilding, retesting, reorder dsb), maka akan mengakibatkan biaya-biaya mutu yang meningkat, misalnya :

  • Mengerjakan ulang sebuah item yang telah diproduksi
  • Menguji kembali sebuah produk yang telah dirakit
  • Membangun kembali sebuah alat yang telah dipasang
  • Memperbaiki kembali sebuah “bank statement”
  • Mengganti makanan yang telah dipesan

Singkatnya, setiap biaya yang tidak akan dikeluarkan bila kualitas suatu produk/jasa yang dihasilkan dalam kondisi prima, akan berkontribusi terhadap biaya kualitas.

Armand V. Feigenbaum dalam bukunya “Total Quality Control (3ed.)”, New York, New YorkMcGraw-Hill, p. 111, ISBN 978-0-07-112612-0OCLC 71640975, mendefinisikan area biaya-biaya kualitas sebagai berikut :

Cost Area

Deskripsi

Contoh

Biaya Pengendalian (Biaya Kesesuaian) Biaya Pencegahan Biaya yang timbul dari upaya untuk mencegah potensial defect dari produk/jasa terjadi
  • Perencanaan Mutu
  • Pengendalian Proses Secara Statistik
  • Investasi dalam sistem informasi yang berhubungan dengan kualitas
  • Pelatihan yang bermutu dan pengembangan SDM
  • Verifikasi desain produk
  • Pengembangan dan pengelolaan manajemen
Biaya Penilaian Biaya yang timbul dari upaya untuk mendeteksi cacat produk melalui kegiatan inspeksi, pengujian, dan pemeriksaan
  • Tes dan inspeksi bahan baku yang dibeli
  • Pengujian penerimaan
  • Inspeksi
  • Pengujian
  • Pengecekan Operator
  • Tes dan inspeksi peralatan
  • Audit mutu
  • Uji lapangan
Biaya Kegagalan Pengendalian (Biaya Ketidaksesuaian) Biaya Kegagalan Internal Biaya yang timbul dari cacat yang ditemukan internal dan ditangani dengan membuang atau memperbaiki item yang rusak
  • Scrap
  • Rework
  • Biaya pengadaan material kembali
Biaya Kegagalan Eksternal Biaya yang timbul dari cacat yang ditemukan oleh pihak pelanggan
  • Recall produk
  • Kehilangan reputasi
  • Penangangan garansi
  • Perbaikan produk
  • Penggantian produk

 

Biaya PencegahanBiaya yang timbul dari upaya untuk mencegah potensial defect dari produk/jasa terjadi

  • Perencanaan Mutu
  • Pengendalian Proses Secara Statistik
  • Investasi dalam sistem informasi yang berhubungan dengan kualitas
  • Pelatihan yang bermutu dan pengembangan SDM
  • Verifikasi desain produk
  • Pengembangan dan pengelolaan manajemen

 

 

 

Biaya PenilaianBiaya yang timbul dari upaya untuk mendeteksi cacat produk melalui kegiatan inspeksi, pengujian, dan pemeriksaan

  • Tes dan inspeksi bahan baku yang dibeli
  • Pengujian penerimaan
  • Inspeksi
  • Pengujian
  • Pengecekan Operator
  • Tes dan inspeksi peralatan
  • Audit mutu
  • Uji lapangan

Biaya Kegagalan Pengendalian (Biaya Ketidaksesuaian)Biaya Kegagalan Internal Biaya yang timbul dari cacat yang ditemukan internal dan ditangani dengan membuang atau memperbaiki item yang rusak

  • Scrap
  • Rework
  • Biaya pengadaan material kembali

Biaya Kegagalan EksternalBiaya yang timbul dari cacat yang ditemukan oleh pihak pelanggan

  • Recall produk
  • Kehilangan reputasi
  • Penangangan garansi
  • Perbaikan produk
  • Penggantian produk

 

Oleh karena itu, Perusahaan yang mampu menghasilkan produk/jasa yang  bermutu serta meng-eliminasi munculnya biaya-biaya kualitas ini akan dapat meningkatkan laba Perusahaan sehingga memiliki keunggulan dalam bersaing dengan kompetitornya.

Salah satu strategi yang bisa dipergunakan oleh Manajemen Perusahaan untuk meng-eliminasi munculnya biaya-biaya kualitas antara lain dengan menerapkan Metodologi Six Sigma. Dengan Six Sigma Manajemen Perusahaan dapat meng-identifikasikan penyebab-penyebab terjadinya kegagalan dan melakukan perbaikan-perbaikan untuk meningkatkan kualitas produk/jasa secara keseluruhan.

Disusun oleh :

Santoso Jokowaluyo – Business Solution Consultant PT. Bika Solusi Perdana.

Referensi :

  1. 1.       Principles of Quality Costs: Principles, Implementation, and Use, Third Edition, ed. Jack Campanella, ASQ Quality Press, 1999
  2. 2.       Feigenbaum, Armand V. (1991), Total Quality Control (3 ed.), New York, New York: McGraw-Hill, p. 111, ISBN 978-0-07-112612-0, OCLC 71640975
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline
WhatsApp WhatsApp us