9 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Saat Puasa

  • Share


Dilansir Hellosehat.com – Puasa memang bisa menurunkan berat badan. Namun, hasil tersebut hanya dapat dicapai bila menu yang sesuai dirancang selama puasa Ramadhan.

Strategi yang salah justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Berikut beberapa cara yang perlu diperhatikan jika ingin menurunkan berat badan saat berpuasa.

1. Tetap Sahur

Bagi sebagian orang yang suka diet saat puasa mungkin mengira melewatkan sahur bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Bahkan, itu tidak dianjurkan.

Sahur adalah bagian penting dari puasa. Mengkonsumsi makanan sehat saat sahur bertujuan untuk menjaga energi Anda sepanjang hari saat berpuasa.

2. Pilih makanan yang seimbang dan bergizi

Memilih menu makanan yang seimbang dan bergizi merupakan salah satu cara menurunkan berat badan saat berpuasa dan merupakan hal yang perlu mendapat perhatian. Apalagi, Anda hanya punya dua kesempatan untuk mengisi perut, yaitu saat sahur dan setelah buka puasa.

Untuk alasan ini, disarankan agar pilihan makanan dalam kedua kasus mengandung nutrisi seimbang. Berikut beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk disantap saat sahur dan sarapan.

sahur

Cobalah untuk minum banyak cairan atau pilih makanan yang kaya cairan agar Anda terhidrasi dengan baik saat fajar.

Selain itu, cobalah untuk memilih makanan dan minuman berikut yang membantu Anda merasa kenyang dan meningkatkan pencernaan.

  • biji-bijian, seperti roti gandum, beras merah, dan oatmeal,
  • buah-buahan dan sayuran segar,
  • Sumber protein, termasuk susu, yogurt, telur, kacang-kacangan juga
  • Lemak sehat seperti kacang-kacangan dan zaitun.

sarapan

Iftar with dessert sebenarnya adalah slogan yang sering terdengar di bulan Ramadhan. Namun, manisan tidak selalu memberikan hasil yang memuaskan, apalagi saat Anda ingin menurunkan berat badan saat berpuasa.

Baca Juga :  5 Cara Sederhana Menjaga Gaya Hidup Sehat

Cobalah minum lebih banyak cairan dan makanan rendah lemak yang mengandung gula alami saat sarapan untuk pertama kalinya, seperti:

  • Minuman seperti air, susu, jus buah atau smoothie,
  • Kurma karena mereka menyediakan gula alami untuk energi dan sumber serat untuk menurunkan berat badan,
  • Buah juga
  • Sup kaldu daging sapi dengan kacang dan makanan bertepung lainnya.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.