5 Tips Pengaturan Porsi Makanan Yang Sehat

  • Share


Sebagai kebutuhan dasar manusia, makanan harus berkualitas baik dan memenuhi persyaratan keamanan tubuh manusia. Pangan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Karena mengandung senyawa yang dibutuhkan untuk memulihkan dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Pengaturan proses dalam tubuh, pengembangan dan produksi energi untuk kepentingan berbagai aktivitas dalam kehidupan.

Pangan bermutu adalah pangan yang dipilih, disiapkan, dan disajikan sedemikian rupa sehingga mempertahankan nilai gizinya dan dapat diterima serta aman untuk konsumsi mikrobiologis dan kimia. Makanan sehari-hari memiliki dampak besar pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Pola makan yang sehat akan memberikan tubuh energi untuk aktivitas dan nutrisi untuk menjalankan berbagai fungsinya.

Di sisi lain, pola makan yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah pencernaan Fluktuasi berat badandan meningkatkan risiko penyakit. Padahal, secara tidak langsung kita sudah memiliki pola makan yang sehat dengan menerapkan pedoman gizi seimbang. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kebiasaan atau keadaan tertentu dapat mempengaruhi perjalanan Anda dalam menerapkan prinsip ini.

Itu sebabnya kami menawarkan 5 tips untuk membantu menjaga pola makan yang baik bagi mereka yang mungkin memiliki sedikit waktu untuk makan makanan sehat.

1. Jangan lewatkan sarapan

Sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari, karena di sinilah Anda mendapatkan energi untuk bertahan sepanjang hari. sarapan sehat Juga dapat melindungi Anda dari risiko berbagai penyakit, antara lain: Diabetes tipe 2. Berikut beberapa jenis makanan sarapan yang bisa melengkapi diet sehat Anda.

  • makanan dengan karbohidrat kompleks seperti havermutBeras merah dan biji-bijian.
  • Makanan berserat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan biji chia.
  • Sumber protein seperti kacang-kacangan, biji-bijian, susu, telur dan yogurt.
  • Sumber lemak sehat, seperti biji-bijian, alpukat, dan kelapa.
Baca Juga :  Tips Mengatasi Wajah Breakout setelah Lebaran

2. Perbanyak minum air putih

Diet sehat tidak lengkap tanpa air. Kebutuhan air setiap orang Dapat bervariasi sesuai dengan berat badan. Namun, sebagai panduan, minumlah setidaknya delapan gelas air putih setiap hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

Asupan air yang cukup akan menjaga kelancaran fungsi tubuh dan melindungi Anda dari dehidrasi. Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda cenderung mengirimkan sinyal lapar yang salah. Hal inilah yang menyebabkan seseorang makan banyak tanpa disadari.

3. Makan makanan sehat yang kaya serat

Jadikan diet Anda lebih sehat dengan menambahkan makanan berserat tinggi dalam menu harian. Misalnya, coba ganti roti putih dengan roti gandum utuh atau nasi putih dengan nasi merah.

Makanan berserat tinggi dapat memperlancar pencernaan dan menjaga asupan Bakteri menguntungkan di ususdan mengurangi risiko penyakit kronis seperti stroke, penyakit jantung dan diabetes. Plus, serat membantu menjaga berat badan karena membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Jangan makan

Bahkan jika Anda mengikuti diet sehat, porsinya harus seimbang. Makan dalam jumlah sedang dan berhenti makan ketika Anda sudah 80% kenyang. Jika Anda masih lapar, cobalah menunggu 10 menit sebelum makan lebih banyak.

makan berlebihan Tidak hanya berdampak negatif pada berat badan, tetapi juga dapat mengganggu pencernaan. Makan berlebihan juga dapat meningkatkan risiko sejumlah masalah kesehatan.

9. Makan teratur dan tepat waktu

Kecepatan metabolisme tubuh Bisa saja berubah pada waktu-waktu tertentu. Pada malam hari, misalnya, metabolisme melambat karena tubuh mulai beristirahat. Jadi disarankan untuk makan sebelum larut malam.

Kebiasaan makan yang teratur juga dapat membantu tubuh mengontrol kolesterol dan mengurangi risiko obesitas. Ini telah ditemukan dalam beberapa penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Prosiding Masyarakat Nutrisi pada tahun 2016.

Baca Juga :  3 Hobi Yang Bisa Menghasilkan Banyak Uang!

Kunci diet sehat adalah menerapkan pedoman gizi seimbang. Artinya, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat, buah-buahan dan sayuran, serta lauk pauk yang merupakan sumber lemak dan protein dalam jumlah yang sesuai.

Selalu perhatikan jenis, porsi, dan waktu memakan makanan, serta Keamanan makanan. Pilih karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat. Kaya akan vitamin dan mineral untuk menjaga fungsi tubuh. Selalu ingat untuk membatasi makanan yang tinggi gula dan kalori dan lemak tak jenuh Yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.