Standar ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, dan ISO 45001:2016

Telah terbit standar API Spec Q2 pada tahun 2012 (edisi pertama) dan API Spec Q1 (edisi kesembilan) pada tahun 2013, yang strukturnya berubah total tidak mengikuti struktur edisi sebelumnya, dengan kata lain struktur API Spec Q2 maupun Q1 tidak lagi mengikuti struktur ISO 9001 dan ISO/TS 29001.

API Spec Q2 (for service supply) dan API Spec Q1 (for manufacturing) merupakan standar sistem manajemen mutu untuk industri gas dan minyak bumi yang diterbitkan oleh American Petroleum Institute (www.api.org). Sedikit penjelasan bahwa API Spec Q2 maupun Q1 memasukkan persyaratan baru mengenai risk assessment & management (penilaian dan manajemen risiko), contingency planning (perencanaan darurat), dan management of change (manajemen perubahan).

Kemudian tahun 2014 ini, badan International Organization for Standardization (www.iso.org) juga menerbitkan standar baru ISO 55001:2014 tentang sistem manajemen aset untuk pertama kalinya.

Pada tahun 2015-2016 dunia akan menyambut kembali keluarnya standar baru yang menggantikan edisi/versi sebelumnya, yaitu:

1. ISO 9001:2008 tentang sistem manajemen mutu pada tahun 2015 akan diganti menjadi ISO 9001:2015

2. ISO 14001:2004 tentang sistem manajemen lingkungan pada tahun 2015 akan diganti menjadi ISO 14001:2015

3. OHSAS 18001:2007 tentang sistem manajemen K3 pada tahun 2016 akan diganti menjadi ISO 45001:2016

Sama seperti standar API, ISO 9001:2015 juga akan memasukkan persyaratan mengenai pengendalian risiko.

Secara garis besar struktur ISO 9001:2015 adalah sebagai berikut (struktur ini diikuti pula oleh ISO 14001:2015 dan ISO 45001:2016) :

1. Scope (Lingkup)

Tujuan dan alasan suatu organisasi mengadopsi standar ISO 9001, serta aplikasi & pengecualian penerapan.

2. Normative references (Acuan normatif)

Dokumen atau standar lainnya yang diacu untuk penggunaan standar ISO 9001.

3. Terms and definitions (Istilah dan definisi)

Definisi dari berbagai istilah yang diacu dalam standar.

4. Context of the organization (Konteks dari organisasi)

Understanding the organization and its context; Understanding the needs and expectations of interested parties; Determining the scope of the quality management system; Quality management system.

Memahami organisasi dan konteksnya; Memahami kebutuhan dan harapan pihak-pihak yang berkepentingan; Menentukan ruang lingkup penerapan sistem manajemen mutu; Persyaratan umum sistem manajemen mutu.

5. Leadership (Kepemimpinan)

Leadership and commitment; Quality policy; Organizational roles, responsibilities and authorities.

Kepemimpinan dan komitmen, Kebijakan mutu; Peran organisasi, tanggung jawab dan wewenang.

6. Planning (Perencanaan)

Actions to address risks and opportunities; Quality objectives and planning to achieve them; Planning of changes.

Tindakan untuk mengatasi risiko dan peluang; Sasaran mutu dan perencanaan untuk mencapainya; Perencanaan perubahan.

7. Support (Pendukung)

Resources; Competence; Awareness; Communication; Documented information.

Sumber daya (manusia & infrastruktur); Kompetensi; Komunikasi; Informasi terdokumentasi.

8. Operation (Operasional)

Operational planning and control; Determination of market needs and interactions with customers; Operational planning process; Control of external provision of goods and services; Development of goods and services; Production of goods and provision of services; Release of goods and services; Nonconforming goods and services.

Perencanaan dan pengendalian operasional; Penentuan kebutuhan pasar dan interaksi dengan pelanggan; Proses perencanaan operasional; Pengendalian penyediaan barang dan jasa dari eksternal; Pengembangan barang dan jasa; Produksi barang dan penyediaan jasa; Pelepasan barang dan jasa; Barang dan jasa yang tidak sesuai.

9. Performance evaluation (Evaluasi kinerja)

Monitoring, measurement, analysis and evaluation; Internal audit; Management review.

Pemantauan, pengukuran, analisis dan evaluasi; Audit internal; Tinjauan manajemen.

10. Improvement

Nonconformity and corrective action; Improvement.

Ketidaksesuaian dan tindakan korektif; Peningkatan.

Ditulis oleh M. Hatta Adam, S.T.

Sumber:

1. Webiste API (www.api.org) dan API Publications Store (www.techstreet.com)

2. API Specification Q1 9th Edition Quality Management System Requirements for Manufacturing Organizations for the Petroleum and Natural Gas Industry (Licensee PT Bika Solusi Perdana)

3. Website ISO (www.iso.org)

4. Draft International Standard (DIS) ISO 9001:2015 (free download)

www.bikasolusi.co.id

WhatsApp WhatsApp us