Public Training 2016


Training

We provide trainings in various areas, such as:

 

Schedule Public Training:

API Spec Q1 Edisi ke-9 Pemahaman dan Interpretasi Persyaaratan - Persyaratan

DESKRIPSI

 

Edisi terbaru dari Standar API Spec Q1 Spesifikasi Persyaratan Sistem Manajemen Mutu bagi Organisasi Manufaktur untuk Industri Minyak dan Gas Bumi, yaitu Edisi Ke-9, dipublikasikan pada Juni 2013 dan mulai berlaku secara efektif pada Juni 2014. Standar API Spec Q1 Edisi Ke-9 ini mengandung 85+ persyaratan baru dan 5 klausul baru.

Standar API Spec Q1 menetapkan persyaratan minimum sistem manajemen mutu bagi organisasi manufaktur industri penunjang minyak dan gas bumi. API Spec Q1 ini menetapkan persyaratan sistem manajemen mutu bagi suatu organisasi untuk menunjukkan kemampuannya guna secara konsisten menyediakan produk yang handal serta proses-proses terkait manufaktur yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan persyaratan perundang-undangan.

Sertifikasi sistem manajemen mutu API Spec Q1 biasanya merupakan suatu persyaratan dari pelanggan di industri migas kepada suatu organisasi. Organisasi yang sudah tersertifikasi berdasarkan API Spec Q1 dijamin akan:

  • Memenuhi persyaratan calon pelanggan atau pelanggan yang sudah ada terkait sertifikasi sistem manajemen mutu API Spec
  • Meningkatkan daya saing organisasi dan membantu memperluas bisnis organisasi.
  • Secara signifikan mengurangi biaya operasional dengan menghilangkan pemborosan, mengurangi risiko, dan mengendalikan variasi proses.

Segera ikuti Pelatihan API Spec Q1 selama 3 (tiga) hari penuh  bersama PT Bika Solusi Perdana. Pelatihan ini dirancang untuk semakin memberikan pengetahuan yang mendalam mengenai persyaratan-persyaratan Standar API Spec Q1 dan interpretasinya.

Pelatihan ini sangat ideal bagi Anda yang baru pertama kali mempelajari API Spec Q1 maupun bagi Anda yang sudah terbiasa bekerja di bawah persyaratan Standar API Spec Q1.

Pelatihan disampaikan dalam bahasa Indonesia dengan materi berbahasa Indonesia.

 

TUJUAN

Setelah mengikuti kursus ini, peserta akan dapat:

  • Memahami sejarah perkembangan Standar API Spec Q1
  • Memahami perubahan-perubahan pada Standar API Spec Q1
  • Memahami persyaratan-persyaratan Standar API Spec Q1 secara rinci
  • Melaksanakan persyaratan Standar API Spec Q1 dalam fasilitas mereka

Informasi lebih lanjut, hubungi email : marketing@bikasolusi.co.id

[collapse]
API SPEC Q1 EDISI KE-9 – Audit Mutu Internal

 

DESKRIPSI

Pelatihan Audit Mutu Internal API Spec Q1 yang interaktif selama dua hari ini akan memungkinkan Anda untuk mempelajari sistem manajemen mutu berbasis proses API Spec Q1, bagaimana mempersiapkan rencana audit, melakukan persiapan audit, pelaksanaan audit, menyiapkan laporan audit dan melakukan tindak lanjut audit.

Pelatihan ini penting bagi tim manajemen perusahaan yang terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan sistem manajemen mutu API Spec Q1, serta bagi personil yang akan mengelola, melakukan atau berpartisipasi dalam kegiatan audit internal API Spec API.

 

TUJUAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan dapat:

  1. Memahami definisi manajemen mutu, konsep, dan pedoman
  2. Memahami tujuan dari Standar API Spec Q1
  3. Memahami persyaratan audit internal Standar API Spec Q1
  4. Memahami peran dan tanggung jawab auditor
  5. Menerapkan definisi, konsep, dan pedoman pada Standar ISO 19011
  6. Mengetahui prinsip, praktik, dan jenis audit
  7. Melakukan semua tahapan audit internal

Menyiapkan dan menyajikan laporan yang efektif

Informasi lebih lanjut, hubungi : marketing@bikasolusi.co.id

[collapse]
API Spec Q1 Edisi Ke-9 - Quality Risk Assessment and Management

 

DESKRIPSI

Standar API Spec Q1 Edisi Ke-9 (Tahun 2013), Spesifikasi Sistem Manajemen Mutu untuk Industri Manufaktur Penunjang Minyak dan Gas Bumi, telah memperkenalkan persyaratan penilaian dan manajemen risiko. Penilaian dan manajemen risiko merupakan komponen utama dari API Spec Q1.

API Spec Q1 meminta kita untuk membuat proses formal untuk mengidentifikasi dan mendokumentasikan risiko (potensial dan yang sudah terjadi) dan kemudian mengembangkan rencana aksi yang dirancang untuk mengkomunikasikan, mengurangi dan mengendalikan risiko tersebut. Tujuannya adalah untuk mengurangi atau menghindari dampak kerugian.

Persyaratan penilaian dan manajemen risiko pada Standar API Spec Q1 merujuk kepada ISO 31000 yang merupakan panduan umum untuk melakukan manajemen risiko.

 

TUJUAN

  1. Pada akhir pelatihan peserta akan lebih siap untuk melaksanakan manajemen risiko dan memiliki pemahaman yang baik dari berbagai jenis metode penilaian risiko.
  1. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan manajer, supervisor dan karyawan dengan pengetahuan dan pemahaman tentang proses manajemen risiko dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan penilaian dan manajemen risiko yang sesuai dan memadai.

Informasi lebih lanjut hubungi : marketing@bikasolusi.co.id

[collapse]
API Spec Q1 Edisi ke-9 Management of Change

 

DESKRIPSI

Tujuan dari program Manajemen Perubahan (MOC) adalah untuk memastikan semua perubahan proses ditinjau benar, diidentifikasi, dianalisis, dan dikendalikan sebelum melanjutkan kegiatan operasi. MOC sering tampak sederhana dalam konsep tetapi dapat menjadi salah satu elemen yang paling sulit dari Manajemen Mutu untuk melaksanakannya secara efektif.

Pelatihan ini dimulai dengan diskusi tentang jenis perubahan yang dapat berdampak buruk pada proses realisasi produk, termasuk beberapa yang mungkin tidak jelas. Meninjau persyaratan untuk mengelola perubahan, termasuk interpretasi dan klarifikasi yang telah disediakan oleh Standar API Spec Q1. Sistem manajemen untuk mengelola perubahan akan dijelaskan dan disediakan juga contoh-contohnya.

Kunci keberhasilan pelaksanaan program MOC akan dibahas dan panduan untuk menetapkan program MOC yang efektif akan disajikan dan diterapkan dalam sesi latihan (workshop). Hubungan MOC dengan bagian-bagian lain dari program mutu perusahaan akan diidentifikasi.

 

TUJUAN 

Untuk memahami kunci-kunsi sukses program Manajemen Perubahan (MOC) dan mempelajari cara-cara untuk mengembangkan dan menerapkan prosedur MOC yang efektif dan lengkap.

 

Informasi lebih lanjut, hubungi : marketing@bikasolusi.co.id

[collapse]
ISO 9001:2015 – Interpretasi Persyaratan & Sistem Dokumentasi Berbasis IWA 2 untuk Organisasi Pendidikan

 

Deskripsi

Standar ISO 9001:2015 merupakan standar ISO yang paling banyak digunakan saat ini, baik untuk lingkup proses manufaktur, kontraktor, rumah sakit bahkan sampai organisasi pendidikan. Namun persyaratan dalam standar ISO 9001:2015 yang bersifat umum, kadangkala menyulitkan bagi organisasi dengan proses yang spesifik untuk menterjemahkan persyaratan-persyaratan tersebut. Tidak terkecuali bagi Organisasi Pendidikan, ketika pertama kali menerapkan ISO 9001 merasa kesulitan dalam memahami persyaratan-persyaratan ISO 9001 dikarenakan standar tersebut menggunakan “bahasa pabrik”, bukan bahasa dunia akademis.

Training ISO 9001:2015 berbasis IWA 2 ini  akan memberikan pemahaman kepada seluruh peserta dalam menterjemahkan persyaratan-persyaratan dengan menggunakan pendekatan dan bahasa akademis, sehingga diharapkan dapat membantu pihak Organisasi Pendidikan dalam menerapkan ISO 9001:2015 dengan lebih baik sesuai dengan lingkup proses mereka.

 

MANFAAT PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan :

  1. Mampu menterjemahkan dan menerapkan persyaratan standar ISO 9001 berdasar IWA 2 pada  Organisasi Pendidikan
  2. Mampu menuangkan kebijakan-kebijakan dan sistem kerja dalam dokumen standar ISO 9001 berdasar IWA2
  3. Mampu merencanakan langkah-langkah pengembangan dokumen sistem manajemen mutu berdasarkan persyaratan standar ISO 9001 berdasar IWA 2
  4. Mampu mengidentifikasi sumber daya & kemampuan yang dibutuhkan sistem manajemen mutu ISO 9001 berdasar IWA 2

Informasi lebih lanjut hubungi : marketing@bikasolusi.co.id

[collapse]
Penanganan Keluhan dan Pengukuran Kepuasan Pelanggan berbasis ISO 9001:2015

 

Deskripsi

Perusahaan sering menemui konsumen yang sulit dihadapi, khususnya konsumen yang sering mengajukan keluhan. Terhadap tipe konsumen seperti ini, cara penanganan khusus diperlukan agar perusahaan tidak kehilangan konsumen. Penanganan konsumen yang sulit dihadapi memerlukan pemahaman terhadap mereka dan ketrampilan pelayanan.

Selain itu , pemahaman tentang kepuasan pelanggan sangatlah penting mengingat pada saat ini semakin ketatnya persaingan global dan agar produk atau jasa yang dihasilkan tidak ditinggalkan pelanggan, maka perusahaan harus berorientasi customer focus atau customer satisfaction

 

MANFAAT PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan :

  1. Penyebab konsumen mengajukan keluhan
  2. Cara menghadapi konsumen yang mengeluh secara profesional
  3. Mengetahui keinginan pelanggan untuk produk dan jasa dengan proses sistematis dan lebih kompetitif,
  4. Memahami dan mengekstrasi keinginan pelanggan dan kebutuhannya.
  5. Mampu mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk/jasa  yang ditawarkan

 

Informasi lebih lanjut hubungi : marketing@bikasolusi.co.id

[collapse]

 

Download Full Schedule Public Training 2016 Here