Manfaat Penerapan ISO 9001

ISO 9001 2015 

Kami kutip hasil survey yang pernah dilakukan oleh Engineering Quality Forum di Inggris yang menyatakan bahwa lebih dari 68% perusahaan yang telah menerapkan standar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 kurang merasakan manfaat dari penerapan standar tersebut.

Sedangkan survey lain yang dilakukan oleh sebuah Badan Sertifikasi terhadap 220 perusahaan yang telah mendapatkan sertifikat ISO 9001, menyatakan bahwa manfaat nomor wahid yang dirasakan setelah menerapkan ISO 9001 adalah improvement pada dokumen, sedangkan improvement terhadap masalah kualitas “hanya” menempati urutan ke 5 (????) serta improvement terhadap tingkat kepuasan pelanggan bahkan cuma menempati urutan ke 6. Koq bisa seperti itu ??? Padahal seperti yang kita ketahui bersama, standar ISO 9001 merupakan standar sistem manajemen mutu, bukan merupakan standar sistem manajemen arsip, dimana tujuan akhir dari ISO 9001 adalah dalam rangka pencapaian kepuasan pelanggan melalui siklus proses untuk meningkatkan kualitas produk/ jasa secara berkelanjutan (continous improvement).

Namun pada kenyataannya, banyak organisasi/perusahaan yang sudah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 selama bertahun-tahun belum merasakan atau mendapatkan manfat dan keuntungan-keuntungan seperti tersebut di atas.

Idealnya, organisasi/perusahaan yang telah lama menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 akan mendapatkan manfaat signifikan dalam hal :

  1. Peningkatan kualitas produk/jasa, dengan parameter keberhasilan : berkurangnya quality cost, berkurangnya keluhan pelanggan, berkurangnya produk-produk reject.
  2. Peningkatan produktifitas kerja, dengan parameter keberhasilan : meningkatnya efisiensi waktu proses, berkurangnya tingkat kesalahan selama proses, berkurangnya production cost/unit, bertambahnya output/karyawan.
  3. Peningkatan motivasi karyawan, dengan parameter keberhasilan : meningkatnya etos kerja, berkurangnya turn over karyawan, berkurangnya jumlah ketidakhadiran, meningkatnya respon karyawan terhadap keinginan perusahaan, berkurangnya kesalahan pekerjaan.

Mengacu kepada hal tersebut di atas, maka kami menawarkan suatu metode konsultasi yang berbeda, yaitu konsultasi berbasis hasil (produktifitas) dalam rangka untuk membantu organisasi/perusahaan yang sudah lama menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 agar mendapatkan manfaat nyata penerapan ISO 9001 dalam kegiatan proses bisnis organisasi/perusahaan dalam hal : peningkatan kualitas produk, peningkatan produktifitas kinerja dan peningkatan motivasi karyawan.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai detail metodologi konsultasi berbasis hasil (produktifitas), jangka waktu dan scheme biaya konsultasi,  silakan hubungi PT. Bika Solusi Perdana, email : marketing@bikasolusi.co.id

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp us