ISO 9001:2008 Mutlak Diperlukan dalam Persaingan Global – 2

  • -

ISO 9001:2008 Mutlak Diperlukan dalam Persaingan Global – 2

Dalam era globalisasi tantangan terbesar bagi suatu lembaga baik itu pemerintah atau swasta adalah kemampuan untuk untuk menjamin kepuasan pelanggan atau mitra kerja. Pertanyaannya adalah apa ukuran bahwa suatu lembaga mampu melakukan itu? Apa jaminan bahwa produk yang dihasilkan memuaskan pelanggan? Bagaimana membuktikan bahwa produk yang satu dengan produk lain yang akan dihasilkan memuaskan pelanggan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, lembaga baik itu pemerintah atau swasta di negara – negara maju juga di negara – negara berkembang sudah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Standar ini merupakan sarana atau sebagai alat untuk dapat mencapai tujuan mutu dalam menerapkan Total Quality Control sehingga efektifitas dan efisiensi pekerjaan dapat tercapai.

Beberapa manfaat yang dapat diambil dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008, antara lain :

  1. Mampu membuat sistem kerja dalam organisasi menjadi standar kerja yang terdokumentasi.
  2. Meningkatkan semangat kerja karyawan karena adanya kejelasan kerja sehingga tercapai efisiensi.
  3. Dipahaminya berbagai kebijakan dan prosedur operasi yang berlaku di seluruh organisasi.
  4. Meningkatnya pengawasan terhadap pengelolaan pekerjaan.
  5. Termonitornya kualitas pelayanan organisasi terhadap mitra kerja.

Dalam upaya penerapan sistem manajemen mutu secara efektif, maka dituntut adanya suatu kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengelola seluruh proses kerja yang saling berhubungan dan berinteraksi baik secara intern maupun ekstern. Selain itu, perlunya kemampuan dalam meningkatkan secara terus menerus efektifitas dari proses sistem manajemen mutu, sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan tujuan dan sasaran mutu yang telah ditetapkan. Perlu adanya suatu program berkesinambungan yang perlu didukung oleh semua personel yang terlibat dalam penerapan sistem ini.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam sertifikasi Sistem Manajemen ISO 9001:2008 antara lain:

1. Audit Internal

Ini merupakan kegiatan yang sangat penting dan merupakan keharusan dalam penerapan standar ISO 9001:2008, yang bertujuan untuk memantau sistem mutu dengan melakukan verifikasi kesesuain dan keefektifan kegiatan penerapan sistem mutu dibandingkan terhadap standar acuan serta kebijakan-kebijakan yang sudah ditentukan. Kegiatan audit internal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Wakil Manajemen (Management Representative).

2. Surveillance Audit

Sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati dengan pihak Lembaga Sertifikasi, kegiatan surveillance diprogramkan setidaknya dua kali dalam satu tahun oleh Lembaga Sertifikasi. Surveillance ini dilaksanakan untuk mengevaluasi adanya perubahan-perubahan sistem mutu serta untuk monitoring bagi Lembaga Sertifikasi apakah organisasi tersebut mampu menerapkan sistem mutunya secara konsisten.

3. Evaluasi Kinerja

Kegiatan ini dilakukan sebagai wahana bagi organisasi dalam memperoleh masukan dari mitra kerja dalam memberikan pelayanannya, khususnya untuk melihat seberapa jauh efektivitas penerapan ISO 9001:2008 dalam menunjang upaya untuk memberikan pelayanan prima kepada mitra kerja sehingga sasaran mutu dapat tercapai. Evaluasi ini dilakukan melalui beberapa cara antara lain:

  1. Wawancara langsung dengan mitra kerja,
  2. Mengirimkan daftar isian (questionnaire) kepada mitra kerja yang telah mendapatkan pelayanan.

Berdasarkan evaluasi kinerja ini diharapkan dapat lebih memacu serta meningkatkan kinerja, terutama dalam ketaatannya menerapkan standar mutu.

4. Tinjauan Manajemen

Sebagaimana halnya dengan audit internal, tinjauan manajemen juga merupakan keharusan atau wajib dilakukan dalam penerapan ISO 9001:2008. Tinjauan manajemen dilakukan dalam bentuk rapat lengkap yang dipimpin langsung oleh pimpinan puncak. Kegiatan ini lebih bersifat pengkajian atas penerapan sistem manajemen mutu secara menyeluruh, sedangkan materi-materi pokok yang diangkat untuk dilakukan pengkajian antara lain :

  1. Kegiatan audit internal,
  2. Tindakan perbaikan,
  3. Hasil evaluasi kerja,
  4. Isu-isu lain yang berkaitan dengan penerapan ISO 9001:2008.

Dengan demikian penerapan standar ISO 9001:2008 memberikan manfaat yang besar dalam meningkatkan kinerja suatu organisasi dalam upaya mewujudkan pelayanan prima kepada mitra kerjanya.

(Artikel ini diadaptasi dari Bulletin INFOMUTU – PSA DEPTAN Edisi Desember 2002, hlm. 2)

www.bikasolusi.co.id

Konsultan BSP dapat membantu organisasi/lembaga/perusahaan/instansi Anda dalam menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Silahkan hubungi kami.


Public Training

Cost Of Quality
4 - 5 November 2014

Six Sigma
6 - 7 November 2014

Informasi lebih lanjut hubungi :
PT. Bika Solusi Perdana
No. Telp : +62(21) 79186572
E-mail : marketing@bikasolusi.co.id

Highlight News

PT. Ascot International Management Indonesia

PT Ascot International Management Indonesia atas peraihan sertifikat ISO 14001 & OHSAS 18001 untuk lokasi property ; Citadines Rasuna Kuningan, semoga peraihan sertifikat tersebut dapat mendukung kinerja, khususnya Kesehatan, keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup Perusahaan

PT. John Crane Indonesia

Selamat kepada PT. John Crane Indonesia atas peraihan sertifikat ISO 14001 & OHSAS 18001. Semoga peraihan sertifikat tersebut dapat mendukung kinerja, khususnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Lingkungan Hidup perusahaan.

PT. Adhi Persada Beton

Selamat kepada PT. Adhi Persada Beton atas peraihan sertifikat ISO 14001 & OHSAS 18001. Semoga peraihan sertifikat tersebut dapat mendukung kinerja, khususnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Lingkungan Hidup perusahaan

PT. Hairscience Institute

Ucapan terima kasih kepada PT. Hairscience Institute Asia telah memilih BSP sebagai konsultan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001. Semoga kerjasama ini dapat berlangsung dengan baik

PT. Solusi Prima Packaging

Ucapan terima kasih kepada PT.Solusi Prima Packaging telah memilih BSP sebagai konsultan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001. Semoga kerjasama ini dapat berlangsung dengan baik

PT. TJOKRO BERSAUDARA KOMPONENINDO

Selamat kepada TJOKRO BERSAUDARA KOMPONENINDO atas peraihan sertifikat ISO 9001 dari badan sertifikasi Sucofinddo. Semoga peraihan sertifikat tersebut dapat mendukung kinerja menjadi lebih baik.

PUSDIK INTELKAM POLRI BANDUNG

Selamat kepada PUSDIK INTELKAM POLRI BANDUNG atas peraihan sertifikat ISO 9001. Semoga peraihan sertifikat tersebut dapat mendukung kinerja menjadi lebih baik.

PT. Malugo Indonesia

Selamat kepada PT Malugo Indonesia berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2008 dari badan sertifikasi PT. Bureau Veritas Indonesia (BV)