ISO 9001:2008 Mutlak Diperlukan dalam Persaingan Global – 1

  • -

ISO 9001:2008 Mutlak Diperlukan dalam Persaingan Global – 1

Tantangan global yang dihadapi dunia tidak dapat dihindari baik dari sektor pemerintah maupun swasta, mau tidak mau semua pihak dituntut untuk mempersiapkan diri untuk mampu bertahan (survive) dalam mengahadapi kondisi tersebut. Seiring dengan globalisasi ini, standardisasi manajemen telah menjadi isu utama lebih khusus lagi standardisasi tentang sistem manajemen mutu. Untuk itu, suatu lembaga baik pemerintah maupun swasta perlu menyiapkan kerangka sistem mutu lembaganya ke arah yang diinginkan sesuai dengan sasaran atau tujuan akhir yang ditetapkan oleh lembaga tersebut, dalam pengertian bahwa tujuan atau sasaran mutu dari suatu lembaga mampu mencapai kesesuaian dengan keinginan yang diharapkan dari pelanggan atau mitra kerja lembaga tersebut.

Menanggapi isu tersebut diatas, salah satu standar sistem manajemen mutu yang telah berkembang di negara maju dan bahkan di negara-negara berkembang adalah ISO 9001:2008 yang merupakan revisi dari ISO 9001:2000. Standar ini merupakan sarana atau alat untuk mencapai tujuan mutu dalam menerapkan Total Quality Control yang diharapkan mampu menjawab perkembangan globalisasi dimana tujuan akhirnya adalah mencapai efektifitas dan efisiensi suatu organisasi. Standar ini merupakan salah satu standar yang diakui secara internasional, yang selanjutnya sudah diadopsi oleh Indonesia menjadi SNI ISO 9001:2008.

Standar sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 merupakan suatu hal yang di anggap masih relatif baru di Indonesia. Namun karena tuntutan masyarakat serta kondisi yang ada, nampak perkembangan penerapan standar ini pada organisasi-organisasi di Indonesia menunjukan angka yang cukup signifikan. Hal ini menunjukan bahwa standar ini sudah mulai akrab dan diakui manfaatnya bagi suatu organisasi.

“Mutu” Penting bagi Organisasi

Pengertian tentang mutu atau kualitas ini pada awalnya bersifat netral dan secara perlahan bergerak kearah yang lebih positif, diyakini bahwa upaya untuk meningkatkan mutu akan menyibukkan berbagai pihak selama beberapa dasawarsa mendatang agar suatu organisasi mampu bertahan (survive) pada masa globalisasi ini.

Ada anggapan bahwa untuk dapat mencapai produk yang bermutu tidak terlepas dengan meningkatnya biaya produksi, namun dapat dibuktikan bahwa menghasilkan produk yang bermutu atau jasa yang memuaskan pelanggan akan mendatangkan manfaat yang lebih bagi organisasi. Manfaat secara umum yang dirasakan secara langsung setidaknya adalah keuntungan peningkatan pangsa pasar sebagai dampak positif dari kepuasan konsumen. Peningkatan permintaan akan diikuti dengan peningkatan volume dan efisiensi produksi.

Proses Sertifikasi

Sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 bukanlah sesuatu yang didapat dalam sekejap, namun hasil dari usaha perbaikan oleh semua pihak yang ada dalam suatu organisasi. Sertifikasi merupakan bentuk pengakuan dari pihak independen terhadap suatu organisasi yang sudah menerapkan sitem manajemen mutu yang menjadi acuannya.

Adanya sertifikasi ini memberikan bukti bahwa standar tersebut benar-benar sudah diterapkan,  tetapi satu hal yang harus diperhatikan bahwa sertifikasi bukan menjadi tujuan akhir, sebab banyak organisasi yang mengejar sertifikasi karena diminta oleh mitra kerjanya tanpa disertai upaya untuk melakukan peningkatan atas kinerja sistemnya.

Proses sertifikasi tidaklah terlalu rumit, namun memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang dari keseluruhan yang terlibat dalam suatu organisasi. Proses sertifikasi dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi yang telah diakreditasi secara nasional atau internasional. Langkah-langkah dasarnya adalah sebagai berikut:

  1. Organisasi menetapkan komitmen dalam menerapkan sistem manajemen mutu.
  2. Penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada unit-unit organisasi yang telah ditetapkan.
  3. Penetapan/penunjukan Lembaga Sertifikasi. Pertimbangan utama dalam melakukan penunjukan Lembaga Sertifikasi antara lain status akreditasi, kredibilitas, dan pengakuan atas Lembaga Sertifikasi.
  4. Penilaian semua aspek manajemen dan pelaksanaan kegiatan. Penilaian dilakukan dalam 2 (dua) bentuk yaitu penilaian/audit internal dan penilaian/audit eksternal yang dilakukan oleh Tim Auditor dari Lembaga Sertifikasi Independen.
  5. Pemberian sertifikat ISO 9001:2008. Sertifikat dapat diberikan apabila organisasi sudah dianggap layak dan memenuhi kriteria yang di tetapkan dalam standar ISO 9001:2008 serta sudah tidak ditemukan lagi ketidaksesuaian yang masuk dalam katagori MAJOR. Masa berlakunya sertifikat ini adalah selama 3 (tiga) tahun setelah diterimanya sertifikat.
  6. Surveillance Audit / Pengawasan Ulang. Surveillance dilaksanakan setiap 6 (enam) bulan sekali setelah diterimanya sertifikat yang dimaksudkan untuk mengevaluasi efektifitas penerapan ISO 9001:2008 serta apabila terjadi perubahan / perkembangan yang dilakukan dalam penerapan sistem.

Bersambung ke BAGIAN 2

(Artikel ini diadaptasi dari Bulletin INFOMUTU – PSA DEPTAN Edisi Desember 2002, hlm. 1)

www.bikasolusi.co.id

Konsultan BSP dapat membantu organisasi/lembaga/perusahaan/instansi Anda dalam menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Silahkan hubungi kami di SINI.


Public Training

Cost Of Quality
4 - 5 November 2014

Six Sigma
6 - 7 November 2014

Informasi lebih lanjut hubungi :
PT. Bika Solusi Perdana
No. Telp : +62(21) 79186572
E-mail : marketing@bikasolusi.co.id

Highlight News

PT. Ascot International Management Indonesia

PT Ascot International Management Indonesia atas peraihan sertifikat ISO 14001 & OHSAS 18001 untuk lokasi property ; Citadines Rasuna Kuningan, semoga peraihan sertifikat tersebut dapat mendukung kinerja, khususnya Kesehatan, keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup Perusahaan

PT. John Crane Indonesia

Selamat kepada PT. John Crane Indonesia atas peraihan sertifikat ISO 14001 & OHSAS 18001. Semoga peraihan sertifikat tersebut dapat mendukung kinerja, khususnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Lingkungan Hidup perusahaan.

PT. Adhi Persada Beton

Selamat kepada PT. Adhi Persada Beton atas peraihan sertifikat ISO 14001 & OHSAS 18001. Semoga peraihan sertifikat tersebut dapat mendukung kinerja, khususnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Lingkungan Hidup perusahaan

PT. Hairscience Institute

Ucapan terima kasih kepada PT. Hairscience Institute Asia telah memilih BSP sebagai konsultan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001. Semoga kerjasama ini dapat berlangsung dengan baik

PT. Solusi Prima Packaging

Ucapan terima kasih kepada PT.Solusi Prima Packaging telah memilih BSP sebagai konsultan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001. Semoga kerjasama ini dapat berlangsung dengan baik

PT. TJOKRO BERSAUDARA KOMPONENINDO

Selamat kepada TJOKRO BERSAUDARA KOMPONENINDO atas peraihan sertifikat ISO 9001 dari badan sertifikasi Sucofinddo. Semoga peraihan sertifikat tersebut dapat mendukung kinerja menjadi lebih baik.

PUSDIK INTELKAM POLRI BANDUNG

Selamat kepada PUSDIK INTELKAM POLRI BANDUNG atas peraihan sertifikat ISO 9001. Semoga peraihan sertifikat tersebut dapat mendukung kinerja menjadi lebih baik.

PT. Malugo Indonesia

Selamat kepada PT Malugo Indonesia berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2008 dari badan sertifikasi PT. Bureau Veritas Indonesia (BV)