Implementasi ISO 9001: 2008 pada Bidang Pelayanan Masyarakat Baintelkam MABES POLRI

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 merupakan standar internasional untuk mengatur sistem manajemen organisasi yang berfokus pada mutu. Standar ISO 9001: 2008 dapat diterapkan pada berbagai macam jenis organisasi seperti institusi pemerintah, perusahaan, rumah sakit, bank dan sebagainya. Standar ini juga dapat diterapkan pada berbagai macam bidang industri dan jasa seperti manufaktur, distributor, pertambangan, jasa pelayanan, penyewaan dan sebagainya.

Keberhasilan Standar ISO 9001: 2008 dalam memperbaiki kinerja berbagai organisasi dan didukung oleh klausul-klausul (persyaratan) yang bersifat global mendorong institusi pemerintah di bidang pelayanan ikut mengimplementasikan ISO 9001: 2008 di lingkungan institusinya dan berhasil mendapatkan Sertifikat ISO 9001: 2008. Institusi tersebut adalah Bidang Pelayanan Masyarakat Badan Intelijen Keamanan MABES POLRI (Bidyanmas Baintelkam POLRI).

Saat ini Bidyanmas Baintelkam POLRI harus dapat memberikan pelayanan publik yang lebih profesional, efektif, tepat waktu dan responsif. Sesuai dengan Visi Bidang Pelayanan Masyarakat “Menjadikan Bidyanmas Baintelkam POLRI sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik yang Selalu Siap Melayani Masyarakat Guna Mewujudkan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi POLRI”.

Semangat dan tekad yang kuat terus tumbuh sebagai upaya dalam menerapkan Visi Bidyanmas Baintelkam POLRI tersebut, pimpinan dan seluruh personel Bidyanmas Baintelkam POLRI telah menyatakan komitmen untuk menerapkan sistem manajemen mutu yang sesuai dengan persyaratan ISO 9001: 2008. Bidyanmas Baintelkam POLRI senantiasa melakukan perbaikan yang berkesinambungan dalam sistem manajemen mutu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Berikut adalah beberapa pelayanan yang ada pada Bidyanmas Baintelkam POLRI:

1. Sub Bidang Pelayanan Orang Asing (Oras) Sub Bidang Pelayanan Orang Asing (Oras) merupakan bagian dari Bidang Pelayanan Masyarakat Baintelkam POLRI yang bertugas memberikan pelayanan yang berkaitan dengan penerbitan Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD), Surat Keterangan Jalan (SKJ), dan Surat Tanda Melapor (STM).

2. Sub Bidang Pelayanan Kegiatan Masyarakat (Giatmas) Sub Bidang Pelayanan Kegiatan Masyarakat (Giatmas) bertugas memberikan pelayanan yang berkaitan dengan Bidang Kegiatan Masyarakat untuk penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Perizinan Keramaian dan Pemberitahuan Kegiatan Masyarakat, serta Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum (KMPDU).

3. Sub Bidang Pelayanan Senjata Api dan Bahan Peledak (Sendak) Sub Bidang Pelayanan Senjata Api (Sendak) bertugas memberikan pelayanan yang berkaitan dengan Bidang Senjata Api dan Bahan Peledak untuk penerbitan Perizinan Senjata Api, Perizinan Bahan Peledak, Perizinan Penggunaan Bunga Api/ Kembang Api dan Perizinan Penggunaan NUBIKA (Nuklir, Biologi dan Bahan Kimia).

Setelah melalui beberapa rangkaian proses, pada Oktober 2011 Bidyanmas Baintelkam POLRI dinyatakan lulus oleh badan sertifikasi PT SUCOFINDO dan berhak untuk memperoleh Sertifikat ISO 9001: 2008. Dengan demikian Bidyanmas Baintelkam POLRI telah berhasil membuktikan bahwa sistem manajemen mutu yang diterapkan telah sesuai dengan dengan standar sistem manajemen yang diakui internasional.

Penyerahan Plakat dari Ka. Baintelkam POLRI, Bpk. Komjen Pol Drs. Pratiknyo, kepada PT Bika Solusi Perdana yang diwakili oleh Bpk. Allan Rahadian pada Acara Penyerahan Sertifikat ISO 9001: 2008 tanggal 2 November 2011

PT Bika Solusi Perdana dengan ini mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Bidyanmas Baintelkam POLRI serta kerjasama yang sangat baik selama proses pengembangan dan implementasi ISO 9001: 2008. Selamat kepada Bidyanmas Baintelkam POLRI atas pencapaiannya memperoleh Sertifikat ISO 9001: 2008. Semoga prestasi ini dapat terus dipertahankan dan selanjutnya semangat untuk terus melakukan perbaikan berkesinambungan (continuous improvement) yang terdapat dalam ISO 9001: 2008 dapat terus terpelihara dan terjaga.

Keterangan: Gambar di atas adalah logo Baintelkam MABES POLRI

www.bikasolusi.co.id

Allan R. Rahadian & Eka Fitria

Konsultan BSP dapat membantu organisasi/lembaga/perusahaan/instansi Anda dalam menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008. Silahkan hubungi kami.

WhatsApp WhatsApp us