Perubahan Mendasar Standar ISO 9001:2015 (Bagian – 2)

high quality level

Mari kita lanjutkan kembali pembahasan mengenai apa saja perubahan mendasar pada persyaratan standar ISO 9001:2015 dibandingkan dengan persyaratan standar ISO 9001:2008. Untuk artikel sebelumnya silakan lihat Perubahan Mendasar Standar ISO 9001:2015 (Bagian – 1)

DIS ISO 9001:2015 ISO 9001:2008 PENJELASAN
5 Kepemimpinan  
5.1 Kepemimpinan dan Komitmen
5.1.1 Kepemimpinan dan Komitmen Terhadap Sistem Manajemen Mutu 5.1 Komitmen Manajemen5.4.2 Perencanaan Sistem Manajemen Mutu Klausul-klausul ini sangat mirip; penekanan dalam versi terbaru adalah  mempromosikan kesadaran dan dukungan dari pihak lain yang berkontribusi untuk efektivitas SMM. Perbedaan utama antara klausul-klausul ini adalah bahwa versi terbaru mengharuskan manajemen puncak mengambil tanggungjawab untuk efektivitas SMM.
5.1.2 Fokus Pelanggan 5.2 Fokus Pelanggan Persyaratan lama tetap sama. Penentuan risiko dan peluang mengenai kesesuaian produk dan jasa adalah merupakan persyaratan yang baru, sama halnya dengan pertimbangan hukum dan persyaratan peraturan.
5.2 Kebijakan Mutu 5.3 Kebijakan Mutu Penjelasan pada klausul ini hampir sama dengan versi sebelumnya.
5.3 Peran Organisasi, Tanggung Jawab dan Wewenang 5.5.1 Tanggung Jawab dan Wewenang Perbedaan utama adalah bahwa standar baru tidak memerlukan penunjukkan seorang wakil manajemen; Namun, klausul baru menjelaskan secara lebih rinci peran, tanggung jawab dan otoritas dalam SMM, serta menyiratkan bahwa mereka dapat dialokasikan untuk orang yang berbeda.
DIS ISO 9001:2015 ISO 9001:2008 PENJELASAN
6 Perencanaan Sistem Manajemen Mutu
6.1 Tindakan-Tindakan Untuk Mengatasi Risiko dan Peluang-Peluang Ini adalah persyaratan yang sama sekali baru; Ketika merencanakan SMM, organisasi perlu menentukan risiko-risiko dan peluang-peluang yang mempengaruhi organisasi.
6.2 Sasaran Mutu dan Perencanaan Untuk Pencapaiannya 5.4.1 Sasaran Mutu Persyaratan tetap sama, tetapi dijabarkan lebih lanjut dalam versi baru.

Demikian beberapa penjelasan singkat mengenai perubahan mendasar antara persyaratan pada DIS ISO 9001:2015 dengan persyaratan ISO 9001:2008. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perubahan –perubahan lainnya dari persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, silakan hubungi PT. Bika Solusi Perdana,  email : marketing@bikasolusi.co.id

PT Bika Solusi Perdana (BSP) memiliki tenaga ahli, pengetahuan dan keahlian tentang Sistem Manajemen sehingga siap membantu dalam konsultasi ISO. Untuk lebih lengkap mengenai profil kami dapat dilihat pada website www.bikasolusi.co.id atau email di marketing@bikasolusi.co.id

Diolah dari berbagai sumber oleh Santoso Jokowaluyo – Business Solution Leader PT. Bika Solusi Perdana.

Referensi : www.iso.org

WhatsApp WhatsApp us